STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELOMPOK PROGRAM PRODUKTIF
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
KODE : 070
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN
INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN : REKAYASA PERANGKAT LUNAK
A. Dasar Kompetensi Kejuruan
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Merakit Personal Computer (PC) | 1.1 Menjelaskan konsep sistem komputer 1.2 Menjelaskan fungsi komponen-komponen/ Pheriferal PC 1.3 Mengidentifikasi keamanan & keselamat Kerja 1.4 Menjelaskan trobleshooting perakitan PC 1.5 Mengidentikasi peralatan merakit PC 1.6 Menguji perakitan PC. |
2. Menginstalasi sistem operasi. | 2.1 Menjelaskan Klasifikasi sistem operasi 2.2 Mengidentifikasi spesifikasi komputer 2.3 Menginstalasi sistem operasi berbasis teks 2.4 Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI 2.5 Mengistalsi program aplikasi. |
B. KOMPETENSI KEJURUAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
1. Memahami teknik Elektronika Analog dan Digital Dasar | 1.1 Menjelaskan teori kelistrikan 1.2 Mengidentifikasikomponen elektronika 1.3 Menjelaskan Konsep Elektronika Digital 1.4 Menjelaskan Sistem Bilangan digital 1.5. Menjelaskan Elektronika Digital untuk Komputer. |
2. Menguasai Algoritma Pemrograman Tingkat Dasar | 2.1 Menjelaskan struktur algoritma 2.2 Membuat alur logika pemrograman 2.3 Menjelaskan data flow diagram (DFD) 2.4 Membuat diagram alir pemrograman 2.5 Menjelaskan type data 2.6 Menerapkan pengelolaan array. |
3. Menguasi Algoritma Pemrograman Tingkat Lanjut | 3.1 Mengunakan array multi dimensi 3.2 Menggunakan Prosedure dan Fungsi 3.3 Menggunakan library pemrograman grafik. |
4. | 4.1 |
5. Mebuat Basis Data | 5.1 Mengidentifikasi struktur hirarki basis data 5.2 Menjelaskan Entity Relationship Diagram (ERD) 5.3 Menerapkan Normalisasi Basis Data 5.4 Menjelaskan Database Manajemen System (DBMS). |
6. Menguasai Aplikasi Basis Data | 6.1 Menjelaskan Jenis perintah SQL 6.2 Membuat tabel 6.3 Menerapkan query 6.4 Membuat Form 6.5 Menerapkan macro 6.6 Membuat report. |
7. Menguasai Pemrograman Visual berbasis Desktop | 7.1 Menjelaskan IDE aplikasi bahasa pemograman 7.2 Menjelaskan objek aplikasi bahasa pemograman 7.3 Menjelaskan komponen aplikasi bahasa pemograman 7.4 Menjelaskan tipe file 7.5 Menjalankan aplikasi. |
8. Membuat paket software aplikasi berbasis desktop | 8.1 Menjelaskan menu aplikasi 8.2 Menyiapkan sistem komputer 8.3 Mendemonstrasikan aplikasi paket installer 8.4 Menyimpan installer aplikasi 8.5 Menghubungkan aplikasi dengan basis data. |
9. Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer | 9.1 Menjelaskan fungsi periferal jaringan komputer 9.2 Mengidentifikasikan ketersambungan jaringan 9.3 Mengidentifikasikan pemutusan jaringan 9.4 Mengoperasikan aplikasi jaringan komputer. |
10. Menguasai bahasa pemrograman SQL tingkat dasar | 10.1 Menjelaskan konsep pengoperasian bahasa pemrograman SQL 10.2 Mempersiapkan perangkat lunak SQL 10.3 Mengenali menu aplikasi SQL 10.4 Membuat tabel 10.5 Mengoperasikan tabel dan table view. |
11. Menguasai bahasa pemograman SQL tingkat lanjut | 11.1 Menentukan formula pembentukan data dengan batasan waktu 11.2 Membuat prosedur dan fungsi 11.3 Menulis kode program pembangkitan data dengan batasan waktu 11.4 Mengoperasikan Trigger. |
12. Menguasai dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar | 4.2 Menjelaskan konsep dasar dan teknologi Webpage 4.3 Menjelaskan struktur dokumen HTML 4.4 Menambahkan objek 4.5 Membuat tabel 4.6 Membuat Link 4.7 Menyimpan dokumen 4.8 Menguji dokumen. |
13. Membuat halaman web dinamis tingkat dasar | 12.1 Menjelaskan konsep pembuatan halaman web dinamis 12.2 Mempersiapkan lingkungan teknis 12.3 Membuat halaman web dinamis sederhana 12.4 Menambahkan fungsi-fungsi pada halaman web dinamis 12.5 Menguji halaman web dinamis. |
14. Membuat halaman web dinamis tingkat lanjut | 13.1 Menjelaskan konsep pemrograman web dinamis 13.2 Mempersiapkan pembuatan aplikasi 13.3 Membuat web menggunakan bahasa script. |
15. Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis obyek | 16.1 Menjelaskan dasar - dasar pemrograman 16.2 Menerapkan fungsi 16.3 Menerapkan pointer 16.4 Menjelaskan konsep class 16.5 Merancang aplikasi berorientasi objek. |
16. Menguasai bahasa pemrograman berorientasi obyek | 14.1 Menggunakan tipe data data control program 14.2 Membuat class 14.3 Membuat inheritance, polimorphy, overloading, dan friends 14.4 Membuat interface dan paket 14.5 Mengkompilasi program beorietasi obyek |
17. Membuat program aplikasi web berbasis object oriented (OOP) | 15.1 Menjelaskan File I/O (Input/Output), tipe data dan variable pada Java 15.2 Menjelaskan Exception Handling 15.3 Menjelaskan Applet 15.4 Menerapkan konektivitas basis data. |
18. | 16.6 |
19. Membuat program basis data menggunakan SQL | 17.1 Menjelaskan kebutuhan software 17.2 Membuat Entity Relationship Diagram (ERD) 17.3 Membuat Data Flow Diagram (DFD) 17.4 Mempersiapkan lembar kerja Basis Data 17.5 Menggunakan sintaks-sintaks khusus SQL 17.6 Membuat Query Basis Data. |
20. Mengintegrasikan basis data dengan sebuah web | 18.1 Menjelaskan pengintegrasian sebuah basis data dengan sebuah situs web 18.2 Mempersiapkan basis data 18.3 Membuat login pada basis data 18.4 Membuat koneksi basis data pada web 18.5 Menguji konektivitas basis data pada web. |
21. Membuat program basis data | 19.1 Menjelaskan Konsep pembuatan DBMS berbasis Client - Server 19.2 Menggunakan SQL 19.3 Menggunakan stored procedures 19.4 Menggunakan triggers 19.5 Menggunakan Administrasi SQL 19.6 Menjelaskan struktur program aplikasi 19.7 Menerapkan SQL. |
22. Membuat aplikasi web berbasis JSP | 20.1 Menjelaskan kebutuhan software 20.2 Menjelaskan dasar-dasar JSP 20.3 Membuat aplikasi web berbasis JSP sederhana 20.4 Menyiapkan server untuk aplikasi web berbasis JSP 20.5 Menyimpan state (kondisi) ke dalam server dan client. |
23. | 21.1 |
0 komentar:
Posting Komentar