▌Spiderweb Software:Cara membunuh pembajakan!!!▌

on Jumat, 13 Mei 2011

Seorang developer indie yang bernama Spiderweb Software, Jeff Vogel memberikan pernyataan telak yang harus dilakukan oleh para developer game dalam langkah mereka melawan pembajakan.

Spiderweb Software sebelumnya mengeluarkan beberapa game PC seperti Exile, Avernum, Blades of Exile / Blades of Avernum, Geneforce, Nethergate dan kini Avadon: The Black Fortress. Menurut Vogel, memasang berbagai copyright protection yang berbelit-belit justru membuat para pemain semakin kesal. Hanya konsumen yang benar-benar setia (yang tahu kalau membeli game kalian berarti akan ada lebih banyak game nantinya) saja yang akan mau membayar, sementara yang lain akan kabur semua.

Vogel sudah mempelajari pengalaman ini selama 15 tahun, dan tumpukan game dan hintbook yang tidak laku menjadi sebuah ganjaran baginya. Menurut Vogel, cara terbaik melawan pembajakan adalah menaruh proteksi seminim mungkin agar tidak mengganggu para pemain, sehingga mereka mau membayar untuk game buatanmu.

“Kamu harus membuat para konsumen membayar, tapi bukan karena mereka jahat atau tidak jujur. Melakukan registrasi itu sangat mengganggu, di mana waktu tersebut seharusnya bisa dipakai untuk memainkan game kalian!”
Apapun yang mengganggu kenyamanan konsumen sebenarnya tidak membantu mengurangi pembajakan.

“Baik-baiklah pada konsumen kalian, kebaikan adalah senjata terbaik yang dimiliki oleh developer game,” demikian akhir kata dari Vogel.

pendapat yang sangat bagus untuk developer indie ini, namun para developer besar mungkin akan menghiraukan kata"nya. Padahal mereka seharusnya ingat, konsumen adalah raja. Mengapa mereka justru melindungi diri dari konsumen??

Source:VGI

0 komentar:

Posting Komentar