10 Aturan Pola Makan Saat Berdiet

on Jumat, 16 Desember 2011

INGIN menurunkan berat badan dengan cepat?

Tak perlu memeras keringat dengan olahraga berlebih atau menguras kantong untuk operasi sedot lemak. Menjaga pola makan dan menghindari makanan yang menambah timbunan kalori di tubuh, juga ampuh membantu program diet Anda.

1. Memasak sendiri

Dengan memasak sendiri, Anda bisa memastikan keamanan dan kualitas makanan yang Anda konsumsi, begitu juga dengan takaran bumbunya. Tak ada bahan kimia yang ditambahkan atau bumbu-bumbu yang dimasukkan secara berlebihan.

2. Say no to soda!

Gantikan soda dengan air putih atau jus lemon buatan sendiri. Mengonsumsi minuman bersoda 16 ons setiap hari menghasilkan 43.000 kalori per tahun. Jangan tertipu dengan embel-embel ‘diet’ atau ‘zero’ di merk minuman bersoda, karena kandungannya tidak jauh berbeda dengan minuman soda biasa.

3. Minum sebelum makan

Minumlah segelas air putih 15-20 menit sebelum makan. Anda akan merasa lebih cepat kenyang walau hanya makan sedikit. Lagipula, air putih menyehatkan bagi tubuh, kan?

4. Makan 5 kali sehari

Makanlah dengan lebih sering, tapi dalam porsi lebih sedikit. Jika Anda terbiasa makan 3 kali sehari dengan porsi besar, cobalah kurangi porsi makan Anda dan makan 5 kali sehari. Semakin sering Anda makan, semakin berkurang rasa lapar yang Anda sebelum jam makan tiba. Untuk cemilan, pilihlah kudapan sehat seperti buah atau yogurt.

5. Makan perlahan

Air liur mengandung enzim yang dapat melunakkan makanan saat dikunyah. Semakin lama Anda mengunyah makanan, semakin menyehatkan pula nutrisi yang difilter lewat air liur. Cobalah mengunyah sebanyak 7-10 kali dan Anda pun akan merasa cepat kenyang.

6. Lapar? Minum saja!

Alih-alih menyambar cemilan, minumlah segelas air putih saat Anda merasa lapar. Selain menyehatkan bagi tubuh, air putih juga dapat menunda rasa lapar.

7. Jangan lewatkan sarapan

Tak hanya menjaga kesehatan tubuh selama sehari penuh, sarapan juga ampuh menahan keinginan untuk mengemil sebelum jam makan siang tiba. Jangan lupa untuk memasukkan sayuran dan telur sebagai penambah protein dalam menu sarapan Anda.

8. Ngopi setelah makan

Meminum kopi setelah makan berfungsi sama seperti makanan penutup, untuk menetralisir rasa dalam menu utama yang telah disantap. Pilih kopi espresso atau kopi tubruk tanpa tambahan gula atau susu yang justru dapat menggemukkan.

9. Hindari junk food

Makanan cepat saji mengandung lemak jahat yang tidak baik bagi tubuh. Gantikan french fries dengan kentang yang dipanggang sendiri dengan microwave, lalu tambahkan krim asam dan bumbu dapur.

10. Membuat food journal

Mencatat apa saja yang Anda makan sama fungsinya seperti menyimpan struk belanja. Anda bisa menelusuri apa saja yang sudah Anda konsumsi dan apa dampaknya pada berat badan Anda. Ya, sama seperti struk belanja yang membantu Anda mengingat-ingat apa saja pengeluaran Anda dan kemana larinya uang Anda.



sumber: http://gayahidup.plasa.msn.com

0 komentar:

Posting Komentar