Gunung Sindoro Mulai Ber-Aktivitas

on Senin, 12 Desember 2011

Gunung Sindoro Mulai Ber-Aktivitas                                                            

      Gunung sindoro salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Temanggung - Wonosobo, Jawa Tengah . Gunung Sindoro ini mulai melakukan aktivitas-aktivitas nya, berikut ulasang tentang gunung Sindoro:


     Aktivitas kegempaan Gunung Sindoro yang berada di antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Ahad (11/12), kembali meningkat. Padalah tiga hari terakhir aktivitas Gunung Sindoro sempat mengalami penurunan. Selain gempa vulkanik dan hembusan meningkat, gempa tremor juga muncul di Gunung Sindoro.

     Berdasarkan data dari Pos Pemantau Gunung Sindoro di Desa Genting Sari, Bansari, Temanggung, sejak Sabtu sore aktivitas Sindoro kembali meningkat. Terjadi gempa sebanyak 59 kali hingga Ahad siang. Jumlah tersebut meningkat tajam dibanding tiga hari lalu, yang hanya terjadi delapan kali gempa dalam sehari.

      Hingga saat ini status Gunung Sindoro masih dalam level waspada. Petugas mengimbau warga di lereng Gunung Sindoro untuk tidak panik dan tetap waspada. Warga juga diminta tidak beraktivitas dalam radius dua kilometer dari puncak Gunung Sindoro.

     Aktivitas kegempaan Gunung Sindoro di perbatasan Kabupaten Temanggung - Wonosobo, Jawa Tengah menunjukkan penurunan.

     Namun, energi gunung tersebut diprediksi sudah berada di permukaan. Hal itu ditandai dengan munculnya gempa tremor, Senin (12/12).

     Pengamatan dari Pos Desa Gentingsari pada Minggu (11/12) pukul 00.00 - 24.00 wib, gunung Sindoro tampak separuh. Sebagian tubuh gunung tertutup kabut.

     Sedangkan suhu di pos 26-28 derajat celcius. Sementara itu, data seismik menunjukan ada lima kali aktivitas gempa vulkanik dalam (Va), lima kali gempa vulkanik dangkal (Vb), 14 kali hembusan (H), dan satu kali gempa tremor (Tr).

     Prawoto, Ketua Pos Pengamatan Gunung Sindoro-Sumbing di Desa Gentingsari, Kecamatan Bansari, Temanggung mengatakan, dibanding sehari sebelumnya, Sabtu (10/12) aktifitas kegempaan terbilang menurun.

0 komentar:

Posting Komentar