IBM Kembangkan Kendali PC Berbasis Pikiran

on Kamis, 22 Desember 2011


Apple, Google dan Microsoft sudah mengeluarkan perangkat yang dikendalikan dengan basis suara dan gerakan tubuh di depan sebuah kamera. Tapi IBM memiliki rencana yang jauh lebih canggih, yaitu pikiran akan dapat mengendalikan komputer. Prediksi IBM ini akan dipasarkan pada 5 tahun mendatang.

“Membaca pikiran telah memenuhi pikiran para penggila fiksi ilmiah dalam beberapa dekade. Tapi mereka berharap ini akan segera menjadi kenyataan,” ujar seorang juru bicara IBM, seperti dikutip dari Daily Mail.

IBM memang sedang mengembangkan teknologi sehingga smartphone dan PC dapat "Anda hanya perlu memikirkan akan menelpon seseorang, lalu itu pun terjadi".

Prediksi tersebut merupakan bagian dari laporan tahunan “Five in Five”. Dalam laporan ini, IBM juga memprediksi bahwa di tahun 2016, password tidak berlaku lagi dan akan diganti teknologi lain yang lebih canggih. Daripada sulit mengingat angka maupun tulisan yang ada, maka password akan diganti oleh bacaan biometrik. Pembacaan ini akan bekerja untuk membaca keunikan Anda secara biometrik.

Sebelumnya, "membaca pikiran" sudah digunakan dalam game seperti Mindflex buatan Mattel. Di game itu, dengan mengenakan alat yang dikenakan di kepala, alat itu membaca gelombang otak, dan Anda pun harus berkonsentrasi untuk menaikkan dan menurunkan bola. Kendali ini bekerja akibat adanya sejenis jet udara yang merespon gelombang otak Anda.

Mattel pun akan memperkenalkan versi barunya, Mindflex 2, pada Consumer Electronics Show di Januari mendatang.

Hal ini bukan berarti adanya teknologi yang lebih canggih ini menyebabkan tidak berlakunya mouse dan mouse pointer di tahun 2016. Meskipun pembuat PC kini juga mengembangkan teknologi yang sudah ada seperti webcam, yang memungkinkan kita untuk mengendalikan PC melalui mata.





sumber: http://teknologi.vivanews.com/news/read/274112-ibm-kembangkan-kendali-pc-berbasis-pikiran

0 komentar:

Posting Komentar