Tertawa Satu Jam Sama Dengan Angkat Beban 30 Menit

on Jumat, 23 Desember 2011

Tertawa adalah kegiatan alamiah yang dilakukan manusia setiap harinya. Dengan tertawa kita mengekspresikan kegembiraan yang terjadi.

Ternyata tertawa memiliki manfaat kesehatan, bahkan bermanfaat bagi kecantikan. Ketika tertawa lepas, seluruh elemen tubuh aktif, mulai dari telinga, otak, hingga otot dan sendi tubuh. Dalam kondisi ini, tubuh mengeluarkan hormon dopamin yaitu pemicu rasa bahagia, yang segera menjalar ke seluruh jaringan.

Selama tertawa, 15 otot di wajah akan berkontraksi sehingga meningkatkan aliran darah ke area tersebut. Hasilnya, wajah terlihat lebih kencang, merona, dan memancarkan cahaya. Tertawa juga memperlancar aliran darah ke sekitar mata dan mengaktifkan saluran air mata. Itulah mengapa manusia bisa menangis saat tertawa terbahak-bahak. Hasil studi menyatakan, keluarnya air mata, baik dalam keadaan sedih maupun senang dapat mengurangi tingkat stres.

Dalam beberapa penelitian diungkapkan tertawa juga baik untuk jantung. Tertawa pun bisa membantu memangkas berat badan. Dengan tertawa selama satu jam sehari, lemak yang terbakar sama dengan saat kita mengangkat beban selama 30 menit.





sumber: http://gayahidup.plasa.msn.com/kesehatan/makanan-sehat/okezone/article.aspx?cp-documentid=5686825

0 komentar:

Posting Komentar