10 Pembalap Terbaik, Duta INA ke Thailand

on Minggu, 11 Desember 2011

10 pembalap akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi dalam ajang Yamaha Asean Cup Race (YACR) di Thailand, Januari 2012. Mereka terpilih sebagai wakil terbaik dari Tanah Air.

10 pembalap itu dipilih lewat ajang Grand Final Yamaha Cup Race (YCR) di Sirkuit Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu 11 Desember. Mereka masing-masing 5 dari kelas seeded dan 5 kelas pemula merupakan juara nasional YCR musim ini di kelas dan region masing-masing.

Dua tiket sebelumnya telah disambar wakil Region Sumatera yakni Teddy Permana dan Iqbal Gatra. Sedangkan Region Jawa akhirnya mengutus Sigit 'PD' Purno Diharjo, Deny Triyugo, Hendriansyah, M Zaki, Fathrin H K dan R Fadhil. Dan wakil Region Makassar, Bali dan Lombok yakni I Ketut Madiasta dan Willy Hammer. Wakil tiga region terakhir ditentukan di Grand Final di Malang.

Di Grand Final, Sigit PD menjuarai kelas MP1 (Bebek 4Tak 125 cc TU Seeded) diikuti Denny Triyugo dan Hokky Krisdianto. Di kelas MP2 (Bebek 4Tak 115 cc TU Seeded), Anggi Permana menjadi juara disusul Sigit PD dan Hendriansyah. R Fadhil juara MP3 (Bebek 4Tak 125 cc TU Pemula) dan Fathrin HK jawara MP4 (Bebek 4Tak 115 cc TU Pemula).

"Ini nanti partisipasi saya ketiga di ajang YACR. Target saya tak lain hanya juara," kata Sigit PD yang mengaku punya bekal pengalaman di dua ajang YACR sebelumnya. "Pada 2007 di Malaysia, saya pernah menjadi juara di kelas Novice. Sedangkan pada 2009, saya hanya berada di posisi 2 kelas Expert."

Target Juara
Kubu Yamaha Indonesia sebagai sponsor mengamini target Sigit. Selain akan diwakili pembalap andal, Tim Merah Putih punya tradisi juara di ajang YACR.

"Sejak digelar di 2003, Yamaha Indonesia mendominasi gelar juara umum. Indonesia enam kali menjadi juara umum pada 2003, 2004, 2006, 2007, 2009 dan 2010," sebut Manager Motorsport Yamaha Indonesia, Ari Wibisono.

Rival terberat Indonesia pasti datang dari tuan rumah Thailand. Karena para pembalap Negeri Gajah Putih itu juga punya tradisi kuat di YACR. Mereka pernah menjadi juara umum tiga kali yakni pada 2005, 2007 dan 2008. Bersama Indonesia, Thailand menjadi kandidat terkuat juara.

"Strategi dan kerjasama tim akan menjadi kunci sukses. Para pembalap harus kerjasama karena gelar juara umum diambil dari kalkulasi poin mereka baik di Kelas Seeded maupun Pemula," beber Ari.

Rencananya, Kelas Seeded akan menggunakan motor bebek (di Indonesia bermerk Jupiter MX), sedangkan Pemula memakai motor matik (Xeon). Peserta ajang YACR yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, India dan tim tamu istimewa dari Jepang.

Sementara itu, gelaran Grand Final YCR 2011 juga diisi acara sosial ke panti asuhan Mabarrot NU, Jumat lalu. Ditambah suguhan hiburan sejak Sabtu malam hingga Minggu sore yang mementaskan band wanita SHE dan Zigas.

Konvoi klub motor Byson chapter Malang bersama Doni Tata memeriahkan acara di jalan raya sepanjang 35 km dan aksi freestyle dari "The Doctors" saat konvoi dan di sirkuit. Lima freestyler menggunakan Xeon, Jupiter Z dan V-Ixion. Doni Tata juga beraksi di sirkuit menunggangi R6.

0 komentar:

Posting Komentar