8 Fase Putus Cinta

on Sabtu, 17 Desember 2011

PUTUS cinta memang tidak mudah. Berkali-kali patah hati tak juga membuat seseorang terbiasa menghadapinya. You’re not alone, ladies. Setiap orang pernah merasakan patah hati dan melewati tahapan yang sama.

1. Penolakan

Tahapan paling awal yang dilewati seseorang saat patah hati ialah denial alias penolakan. Anda mungkin akan menunggu sang mantan menelepon Anda seolah dia tidak pernah melontarkan kata ‘putus’ sebelumnya. Atau justru Anda yang akan menghubunginya seperti biasa.

2. Negosiasi

Bukan bernegosiasi dengan si dia, namun dengan diri Anda sendiri. Anda akan mengingat kembali alasan pasangan memutuskan Anda, juga hal-hal yang dia ingin ubah dari Anda, walau tak pernah Anda sukai. Menghilangkan sifat boros atau mengganti model rambut, misalnya. Di tahapan ini, Anda akan melakukan tawar-menawar dengan diri Anda untuk mencoba mengikuti keinginannya dengan harapan si dia akan kembali ke pelukan Anda.

3. Patah hati

Inilah klimaksnya. Saat si mantan tak lagi menghubungi Anda dan usaha untuk membuatnya kembali pada Anda selalu gagal, Anda akan merasakan patah hati. Kondisi ini disebut patah hati karena terkadang seseorang merasakan sakit hati yang begitu mendalam hingga seolah-olah hati terbelah menjadi dua.

4. Menyalahkan diri sendiri

Di tahapan keempat ini, Anda akan menyalahkan diri sendiri atas kepergian sang mantan. Anda akan menyalahkan sifat boros yang tidak pernah dia sukai namun terus saja Anda lakukan, atau sifat-sifat lain yang sulit dihentikan. Anda akan berpikir “Seharusnya saya begini, tidak begitu” atau “Seandainya saya melakukan ini dan tidak melakukan itu”.

5. Depresi

Saat berada di puncak depresi, seseorang cenderung melakukan hal-hal yang tidak lazim dilakukan. Mengurung diri dalam kamar, tidak nafsu makan (atau sebaliknya, makan dalam porsi banyak), hingga melakukan percobaan bunuh diri. Biasanya tahapan ini hanya akan berlangsung selama beberapa hari hingga Anda siap memasuki fase berikutnya.

6. Marah

Tak sedikit orang yang membenci mantan kekasihnya. Bahkan tak hanya mantan kekasih, pacar baru sang mantan juga teman-teman dekatnya pun termasuk dalam daftar blacklist Anda.

7. Penerimaan

Anda akan menyadari bahwa semuanya sudah berakhir dan Anda harus rela menerimanya. Saat Anda memasuki tahapan ini, Anda akan merasa lega dan puas, karena Anda berhasil melewati 6 fase sulit di awal masa putus cinta. Perlahan, Anda akan merasa semakin kuat dan kokoh secara mental.

8. Penyembuhan

Inilah saatnya untuk ucapkan selamat tinggal pada rasa sakit hati setelah ditinggal sang mantan. Jika Anda siap, Anda bisa mulai berkencan lagi. Mengapa tidak?



sumber: http://gayahidup.plasa.msn.com

0 komentar:

Posting Komentar