Biografi Zumi Zola

on Sabtu, 23 April 2011

Zumi Zola (lahir di Tanjung Jabung Timur, 31 Maret 1980; umur 31 tahun) adalah seorang pemeran dan politisi Indonesia. Zumi beragama Islam dan mempunyai tinggi badan 175 cm.



Karier Politik

Zumi mewarisi darah politik ayahnya, Zulkifli Nurdin yang merupakan mantan Gubernur Jambi periode 1999-2004 dan 2005-2010. Pada PilkadaKabupaten Tanjung Jabung Timur, dia dicalonkan sebagai bupati dan terpilih bersama wakil bupati Ambo Tang untuk periode 2011-2016.



Di Provinsi Jambi tidak lama lagi akan ada seorang artis tenar yang menjadi Bupati. Dia adalah Zumi Zola, yang pernah membintangi film Disini Ada Setan, kawin laris, merah putih, bawang merah bawang putih, dan sederet judul lainnya. Ya, walau belum diumumkan KPUD Tanjung Jabung Barat sebagai pemenang pemilukada, tapi sudah hampir dipastikan ia akan menduduki posisi tertinggi di Kabupaten itu.
12973435481102979603
Tribun Jambi/ Berman Tua Sibuea
Seorang teman saya yang sedang meliput jalannya proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur menceritakan kepada saya rasa kagum masyarakat disana terhadap sosok Zumi Zola. Kekaguman masyarakat itu terletak pada wajahnya yang ganteng, kulitnya yang putih bersih, bodinya yang atletis, dan keluarganya yang kaya raya.
“Anak ABG dan ibu-ibu rame-rame mendatangi acara zumi zola kalau mengadakan sosialisasi. Biarpun tak diundang mereka akan datang sendiri,” kata kawan itu sembari tertawa. Aku tak tahu apa yang ditertawakannya, tapi aku bisa maklum dengan kejadian itu. Bertemu dengan artis disana seperti ’sebuah anugrah’ yang maha besar. Maklum, sangat jarang artis yang mampir disana.
Salahkan bila seorang artis menjadi bupati? saya rasa tidak ada salahnya, selama dia memang mempunyai kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin. Seorang bupati bertugas siang malam untuk mengurus rakyatnya dan memikirkan periuk nasi rakyatnya. Seorang bupati yang nota bene pelayan bagi masyarakat harus siap untuk terjun melihat rakyatnya, bahkan hingga ke desa terpencil sekalipun.
Aku sudah pernah tiga kali ke kabupaten itu, dan pernah tinggal disana selama seminggu saat sedang penelitian skripsi. Sepanjang yang kulihat disana, tidak ada pasar swalayan, tidak salon bonafit, tidak ada juga tempat untuk mandi uap. Disana hanya ada pasar tradisional, salon rias pengantin, kebun kelapa sawit, dan sungai batanghari.
hehehe.. aku tertawa mendengar Zumi Zola sudah hampir terpilih menjadi bupati. Aku ragu ia mampu bertahan selama setahun di tempat seperti itu, tempat yang jauh dari kehidupan selebritis ibukota. Jangankan turun ke desa terpencil, menahan gempuran nyamuk nakal saja mungkin dia tidak tahan lagi. “Takut kulitnya gak mulus lagi,” kata kawan itu terbahak-bahak saat bercerita lewat ponsel.
Tapi itu sudah menjadi pilihan masyarakat. Suara rakyat adalah suara Tuhan. Mungkin masyarakat disana ingin memecahkan rekor di Jambi, menjadi yang pertama di Jambi yang punya bupati seorang selebritis. “Bupati Kami Artis Lho,” mungkin itu yang mau diceritakan kepada orang dari kabupaten lain.
Sebuah harapan tentu masih diletakkan di pundak anak mantan gubernur Jambi Zulkifli Nurdin itu, yakni memimpin rakyatnya menjadi masyarakat yang sejahtera dan berpendidikan. Semoga saja, Zumi Zola yang sudah bergelar S2 mampu mengemban amanah rakyatnya. “Jangan takut nyamuk ya Mas Zumi Zola, jangan takut kulitnya nggak mulus lagi,” hehehe..


Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Zumi Zola menolak disebut akan dijodohkan orangtuanya. Dia menyatakan tak memiliki target mencari pendamping hidup dalam waktu dekat, setelah jalinan asmaranya dengan Ayu Dewi kandas beberapa saat setelah dia dinyatakan memenangkan Pemilukada Tanjabtim.

"Saya tidak punya target lain. Target saya menyejahterakan masyarakat Tanjabtim," kata Zumi Zola seusai menghadap Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA) di Rumah Dinas Gubernur, Kamis (22/4/2011) siang.

Anak Mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin itu mengatakan, belum mendapat pengganti Ayu. "Jodohkan? Tanyakanlah pada yang bilang itu," ujarnya dengan nada setengah kaget.

Terkait keadaannya sebagai bupati muda yang masih bujang, Zumi tidak berkomentar banyak. Pandangan masyarakat umum tentang bupati yang seharusnya memiliki pasangan hidup ditanggapinya datar. 

"Lebih baik (ada pasangan), betul. Tapi biar ketentuan ada pada Allah. Saya berdoa saja. Saya berserah diri. Kalau sudah waktunya, Allah yang akan menentukan," ujar Zumi.

Mantan artis yang pernah membintangi sinetron bersama Agnes Monica ini secara langsung mengatakan, sudah memiliki pilihan sendiri atas perempuan yang akan melahirkan anak-anaknya nanti. "Saya punya pilihan sendiri, pilihan yang dipilih Allah," lanjutnya.

Zumi Zola sebelumnya mengungkapkan menolak membicarakan masalah asmara pribadinya. Dirinya hanya mau menjawab masalah terkait jabatannya sebagai Bupati Tanjabtim.

Sebelumnya, Zulkifli Nurdin mengatakan, anaknya itu sudah memiliki gandengan baru setelah putus dengan Ayu. Bahkan mantan gubernur dua periode tersebut, Zumi hanya menunggu waktu untuk mengakhiri kesendiriannya.


0 komentar:

Posting Komentar