Fenomena Justin Bieber

on Selasa, 26 April 2011

Januari 2011, koran The Jakarta Post mencatat ribuan pengemar antri untuk mendapatkan tiket konser Justin Bieber di Jakarta. Sejumlah 10.500 lembar tiket telah dipersiapkan, dan 4.000 lembar habis terjual di hari pertama. Di hari konsernya, 23 April 2011 lalu, bertempat di Sentul International Convention Center, Justin sukses menghibur para penggemarnya yang dijuluki Belieber dengan menyanyikan 17 lagu, termasuk hit-hitnya macam Baby, One Less Girl dan Love Me. Padahal harga tiketnya termasuk mahal untuk kondisi ekonomi Indonesia saat ini, yaitu Rp 500,000 (US $55) hingga Rp 1 juta.

Justin Drew Bieber lahir di Strartford, Ontario, Kanada, 1 Maret 1994 lalu. Yap, baru 17 tahun, saudara-saudara. Ia anak dari pasangan muda Jeremy Jack Bieber (ayah) dan Patricia (Pattie) Lynn Mallette (ibu), yang baru berusia 18 tahun saat melahirkan Justin. Pada saat Justin berumur dua tahun, pasangan ini memutuskan untuk berpisah. Umur 4 tahun, Justin didaftarkan ke sekolah drum oleh ibunya dan mulai belajar piano saat usianya baru 7 tahun, dan gitar di usia 10 tahun. Saat di sekolah menengah, ia belajar untuk bermain terompet.

Ayahnya kemudian menikah lagi dengan Erin Bieber, dan memiliki anak perempuan dan lelaki yang menjadi saudara tiri Justin. Pada acara Tonight Show yang dipandu Jay Leno, Justin mengungkapkan saudara perempuannya, Jazmyn Bieber, memanggilnya "Bieber" dan ia sangat menyukai Pizza nanas ala Hawai.

Usia 12 tahun, Justin mengikuti kontes menyanyi di kotanya, Stratford, dan memenangkan juara kedua. Sejak itu ibunya mulai mendokumentasikan penampilannya dan mengunggahnya di YouTube, untuk teman-teman yang tak sempat melihatnya tampil. Di beberapa videonya, Justin menyanyikan lagu-lagu beberapa penyanyi ternama seperti Usher, Justin Timberlake, Ne-Yo, Chris Brown, dan Stevie Wonder dengan versinya sendiri.

Scooter Braun, seorang Marketing Eksekutif dari So So Def, yang tanpa sengaja menyaksikan penampilannya di Youtube, tertarik dan mengontak Bieber untuk kemudian menerbangkannya ke Atlanta, Georgia untuk bertemu Usher. Usheryang terpesona dengan apa yang dilihatnya, kemudian menggandeng L.A. Reid, Ketua Island Def Jam, serta menawarkan kontrak rekaman melalui label rekaman Island Record pada Justin, yang saat itu baru berumur 15 tahun. Tahun 2009, dirilis lah single dan video pertamanya, One More Time.

Bulan November di tahun yang sama, album pertamanya, My World, menyusul. Album ini menampilkan Usher, yang juga tampil dalam video musiknya, One Time. Single pertama album ini, One Time, menduduki posisi ke-12 dalam Canadian Hot 100 dan posisi 26 di Billboard Hot 100. Bersama Miranda Cosgrove, Justin menjadi salah satu presenter dalam 2009 MTV Video Music Awards, tepat sebelum penampilan Taylor Swift. Beberapa hari sebelumnya, Justin tampil membawakan One Time pada MTV VMA Tour untuk mempromosikan acara tersebut. Pada 26 September 2009, Justin tampil pada acara YTV's The Next Star, dan mengumumkan bahwa One Time mendapatkan Platinum di Kanada. Di acara yang sama, Justin juga mengumumkan bahwa singel keduanya, One Less Lonely Girl, akan segera dirilis.

Baby, single utama dari album keduanya, yang menampilkan rapper Ludacris, dirilis pada Januari 2010, dan menjadi single hit tersuksesnya dan mendapat peringkat lima di tangga lagu Amerika, serta mencapai sepuluh besar di tujuh negara lainnya. Single digital keduanya, Never Let You Go, dan U Smile menjadi hit ke-30 besar pada tangga lagu US Hot 100, dan 20 besar di Kanada. Kemunculannya yang pertama di tangga lagu US Billboard 200 menjadikan Justin artis penyanyi solo termuda untuk mencapai peringkat teratas sejak Stevie Wonder di tahun 1963. Album My World 2.0 juga muncul pada nomer satu di Peringkat Album Kanada, Irlandia, Australia, Selandia Baru, serta mencapai sepuluh besar di 15 negara lainnya. Untuk mempromosikan albumnya, Justin tampil sebagai bintang tamu acara talk show terkemuka, termasuk The View, Kids Choice Awards 2010, Nightline, The Late Show with David Letterman, The Dome (televisi) dan 106 and Park. April 2010, Bieber menjadi tamu dari konser musikal Saturday Night Live. Pada 4 Juli 2010, Bieber tampil di Macy's Fourth of July Fireworks Spectacular di New York City.

Single kedua dari album My World 2.0, Somebody to Love, dirilis April 2010, dan versi lainnya atau remix dinyanyikan dengan mentor Justin, yaitu Usher. Juni 2010, single itu mencapai nomor 15 di Billboard Hot 100.

Pada 23 Juni 2010, Justin pun mulai tur untuk mempromosikan My World danMy World 2.0, dimulai dari Hartford, Connecticut. Juli 2010, media Kanada, Toronto Sun, mengumumkan bahwa Justin menjadi pesohor yang paling dicari lewat mesin pencari Google. Video musiknya pun, Baby, mengungguli musik video Lady Gaga, Bad Romance, sekaligus menjadi video terbanyak yang ditonton di YouTube. September 2010, Justin mendapatkan 3% dari seluruh lalu lintas di Twitter, sebuah situs jejaring sosial.

Juli 2010, Justin merekam album barunya di New York City. Dikarenakan peralihan dari anak-anak menjadi pubertas, suaranya di album menjadi lebih dalam dibandingkan saat rekaman album pertamanya. Tahun 2010, penyanyi dan penulis lagu asal Inggris, Taio Cruz, memberikan informasiia sedang menulis lagu untuk album Justin selanjutnya. Sementara itu, pada Juli 2010, produser genre Hip hop, Dr. Dre, menelurkan dua lagu dengan Justin pada Juli 2010, walau lagu itu belum ditentukan akan mengisi album yang mana. Pada 12 September 2010, Justin tampil menyanyikan U Smile, Baby, dan Somebody to Love di MTV Video Music Awards 2010

Oktober 2010, Justin mengumumkan bahwa ia akan merilis album akustik, My Worlds Acoustic. Dirilis pada Black Friday di Amerika Serikat, album itu memiliki keistimewaan akustik dibandingkan album sebelumnya. Album ini juga dihiasi single barunya yang berjudul Pray.

Februari 2011, dirilis film biografi pertama Justin, Never Say Never. Sayangnya, ulasan yang didapat rata-rata negatif. Meskipun peredarannya di bioskop lumayan lancar, rata-rata kritikus memberikan satu atau dua bintang dari total lima atau sepuluh bintang. Bahkan di IMDB, film ini hanya dapat nilai 1.1 dari total 10. Pada 15 Maret 2011, patung lilin Justin Bieber diresmikan di Museum Madame Tussauds. Walau tidak semirip aslinya, dan banyak yang kecewa dibuatnya, terutama para fansnya, tapi Justin mengaku sangat bangga.

0 komentar:

Posting Komentar